Jumat, 10 Juli 2015

MEMBAWA NAMA

Setiap orang punya nama dan tentunya nama adalah suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. 
Contoh : org pasti marah ktk namanya disebut/dipanggil bukan dgn nama sebenarnya. Bahkan ada org2 tertentu salah disebutkan gelarnya, mjd sangat marah.

Dlm alkitabpun juga mengatakan demikian, bahwa sebuah nama itu sangatlah berharga Amsal 22:1 a
Nama baik lebih berharga daripada kekayaan.
Kenapa ada Istilah Pencitraan ? karena semua orang ingin namanya Harum, semua orang ingin namanya memiliki arti. Ttp Pencitraan adl sebuah kamuflase saja utk mengharumkan nama.
Jika kita bersama sama gali lebih dalam dan renungkan kembali dalam kehidupan kita, ada nama nama orang lain yang kita bawa. Ada nama-nama yang juga menjadi tanggung jawab kita. Ada nama nama yang harus kita jaga supaya tetap baik, dan bahkan kita bertanggung jawab untuk ikut mengharumkan nama tsb. 

Nama yang pertama adalah NAMA ORANG TUA 

Pepatah Jawa mengatakan “Mikul dhuwur, mendhem jero”

Artinya adl menjunjung tinggi tinggi dan mengubur dalam dalam. Apa yg dijunjung setinggi mungkin ? Nama orang tua , derajat, harkat dan martabat orang tua.

Apa yg dikubur dalam dalam : kejelekan kejelekan orang tua, sehingga kita hanya memperhatikan apa yg baik drpd ortu kita.
Kejadian 45:16-20 (YUSUF - YAKUB)
Orang mesir merupakan musuhnya orng israel. Tentu bukan suatu hal yg mudah untuk menerima orang Israel (Yakub) untuk tinggal di tanah Mesir. Ttp karena Yusuf mampu menjaga kelakuannya, bahkan dia mampu menjadi pejabat di tanah mesir, Yakubpun ikut terangkat namanya dan Firaun menghormati Yakub. Padahal firaun blum pernah bertemu sama sekali dengan Yakub, ttp krn Yusuf mampu menunjukkan citra yg baik, Yakub dihormati oleh Firaun.  
Dengan kelakuan kita yang baik dan benar tentu nama orang tua kita menjadi baik dan tidak tercemar. 
“ anak e sopo to kui ?” anak siapa sih itu ? Kok kelakuannya kayak gtu ? . Kata kata seperti yg akan kita temukan ketika kita tidak bisa menjaga nama baik orang tua dengan kelakuan kita.
Kita hidup di dunia tidak sendiri, banyak orang melihat dan memperhatikan tingkah polah kita, jika kita kelakuannya baik, tentu orang tua kita namanya juga baik. tetapi jika kelakuan kita gk baik, gk ngerti sopan santun, omongan kasar, tentu nama orangtua kita akan rusak. 
 Nama orang tua adalah Nama yang kita bawa,kita harus ikut bertanggung jawab atas nama itu.
Sikap perilaku kita menjadi sebuah parameter Harum atau tidaknya nama orang tua kita. 
Sikap dan perilaku kita baik, tentu nama orang tua kita juga akan baik dan harum. 
Lukas 2:45-47  
Teladan yesus ketika ada di dunia, dia membuat semua orang tercengang atas kecerdasannya. Tentu maria dan yusufpun ikut merasa bangga dan namanya juga menjadi termasyur, namanya mjd harum. 
NAMA YANG KEDUA ADALAH NAMA TUHAN KITA (YESUS KRISTUS)
Mzm 8:2,10 Nama Allah termasyur
Org kristen adl org yg terkenal baik. Orang sering mengira ketika ada orang yang baik, sering kali dikaitkan dgn agama kristen.  
Dan ini nama yg harus kita bawa juga, kita harus bertanggung jawab atas nama Tuhan kita. Kristen adl pengikut kristus, tentu ktk kita disebut sbg orng kristen ada nama Kristus yang harus kita bawa juga. Ada nama Kristus yg membelakangi setiap tindakan kita. Dan mjd sebuah tanggung jawab kita bersama.  
Banyak orang Kristen menggunakan accesoris kristen utk menunjukkan bhw dirinya kristen , pengikut kristus.  Ada kalung salib, anting salib, gelang gelang kata rohani, kaos rohani, dll.
Ttp kekristenan tidak hanya sebatas asesoris. KEKRISTENAN, nama Kristus dipertaruhkan akan setiap apapun yg kita lakukan. 
Daniel 6 : 26-27 
Daniel bisa membawa nama Tuhan dgn baik, shg Raja darius jg memuliakan nama Tuhan. 
Inilah yg seharusnya kita lakukan bersama sama.  Dengan apa yg kita lakukan seharusnya orang bisa melihat kristus. Dengan apa yg kita lakukan, orang bisa membedakan mana pengikut kristus dan mana yg tidak. 
Kita bisa bersama sama melihat fenomena yg ada di masyarakat. Organisasi Masyarakat A atas nama agama tertentu, melakukan demo.  
Tp dlm demo tsb malah merusak fasilitas umum, membuat kotor, dan meresahkan warga.  
SIAPA YG DIKECAM ??? Yg dikecam dan dihina tidak hanya organisasi masyarakat tsb ttp juga nama agama mereka. Padahal tidak semua org yg beragama A, melakukan hal yg buruk. Disini kita boleh diingatkan kembali, ada nama yg harus kita bawa dibelakang kita. 
Baik atau buruknya nama Tuhan Yesus, kitapun ikut andil didalamnya. Jika bisa menjaga sikap dan perilaku kita, tetap benar dalam berbuat , tentu nama Tuhan Yesus juga akan dimuliakan dan mjd Harum. Ttp akan jauh berbeda ketika kita berkelakuan tidak baik, kita jadi orng tidak benar tentu orang akan menghina kita dan agama kita.  
Mungkin kita pernah mendengar ucapan ini “Dasar orang gk punya Agama” Ini artinya org yg punya agama seharusnya lebih bisa berperilaku baik. Terlebih lagi kita sbg org yg beragama Kristen, yg org-org sudah mengenal bhw org kristen itu baik dan bsa jd teladan.  
Amsal 30:9 
Melalui perbuatan kita , kita bisa mencemarkan nama Tuhan, ttp melalui perbuatan kita, kita juga bisa membuat harum Namanya.  
Dimana saja kita menjaga nama baik , nama nama yg kita bawa ? Nama ortu dan nama Yesus ?  
Ada orang yg terkenal baik hanya di Gereja saja, ada org terkenal baik hnya di tpt kerja saja, ada org terkenal baik hanya didepan ortunya, ada org terkenal baik hanya didepan teman temannya saja.
Tetapi kita sbg umat umat Tuhan, orang Kristen, tentu akan jauh lebih baik, ketika kita bisa mempunyai Citra yg baik dimanapun kita berada.  
Dimanapun kita berada, shrusnya kita tetap mjga nama baik ortu kita dan nama Tuhan kita. 
Yusuf : di tanah mesir 
Daniel : kerajaan Babel 
Yusuf dan Daniel mrpkan teladan yg baik bagi kita semua dlm membawa dan menjaga nama baik, meskipun mreka tgl di tempat yg bukan asal mreka ttp mreka mampu menjaga nama baik tsb.
Mungkin saat ini, kita masih tinggal di tempat kita masing-masing, dan tentu kedepannya nanti akan ada suatu perubahan dlm kehidupan kita, bisa jadi kita tgl di luar kota kelahiran kita, tentu nama baik itu juga harus kita jaga. Jika didunia ada nama baik keluarga yg harus kita jaga dan harumkan, di atasnya lagi ada nama Tuhan Yesus yg hrs kita jaga juga. 
Sikap dan perbuatan kita, tindak tanduk kita, perkataan kita merupakan parameter Harum dan tidaknya nama nama yang kita Bawa. 
Ada nama orang tua kita , dan ada nama TuhaN Yesus yang senantiasa ada di belakang kita. 
Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 
 

1 komentar: